Halimah’s Blog

Hanya Sebuah Perjalanan Hidup

Sungai Pinang

“Sungai Pinang???, dimana tuh??”
Mungkin banyak yang masih belum tau dimana seh itu sungai pinang??, atau bahkan ada yang belum pernah mendengar sama sekali nama daerah Sungai Pinang?

Baiklah,disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Suni Pinang. Sungai Pinang adalah sebuah kecamatan yang masih termasuk dalam wilayah kabupaten Banjar,kalimantan selatan. Letaknya sekitar 60 km dari pusat kota Martapura. Disana merupakan daerah dataran tinggi dan disana banyak terdapat pegunungan-pegunungan yang kaya akan hasil tambang batu bara.
Saat ini telah terdapat lebih dari 10 perusahaan tambang yang beroperasi di daerah Sungai Pinang ini. Yang terbesar adalah perusahaan PAMA PERSADA yang beroprasi di desa Rantau Nangka.
Sebagian besar penduduk disana bekerja sebagai petani,namun ada juga sebagian yang bekerja di perusahaan-perusahaan tambang yang ada disana.

Dulu, pemandangan alam di sana sangat bagus,saat gunung-unungnya masih utuh dan masih terlihat hijau, udaranya juga sangat sejuk,tapi sekarang sudah tidak sesejuk dan seindah dulu lagi,gunung-unungnya sudah dikoyak, dan yang banyak terlihat hanya tanah-tanah yang terbalik dan jurang-jurang akibat kegiatan penambangan.

Danau Biru

Danau Biru

Ini adalah foto salah satu danau yang timbul akibat kgiatan penambanan batubara yang ada di daerah Sungai Pinang,tepatnya di desa Binu’ung.

Danaunya memang terlihat sangat indah, semua danau yang terbentuk pasti airnya berwarna biru, Entah apa penyebabnya. Mungkin karena dasar danaunya ya berupa batuan yang memiliki struktur berbeda dengandanau kebanyakan sehingga airnya berwarna biru.
danau-biru_

December 11, 2008 - Posted by | Tulisanku

No comments yet.

Leave a comment